Bupati Soppeng Buka Pembentukan Panitia Festival Besar ke II Lapatau Matanna Tikka

Swarahamindonesianews.com - Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak, SE membuka acara resmi pembentukan panitia festival Besar ke II di Hark Cafe Malaka yang mana acara sebelumnya  di laksanakan di Kab.Bone dan untuk kabupaten Soppeng rencananya akan dilaksanakan pada Bulan Juni  2023 mendatang.

Dihadapan para peserta yang merupakan dari sesepu keluarga besar Puatta Lapatau Matanna Tikka beserta para pakar budaya dan beberapa profesor dari UNHAS, Bupati Soppeng dengan semangat Siri Napaccenya mengaku siap jadi penyelenggara Fertival besar yang bertaraf Nasional.

Bupati juga menyampaikan bahwa acara tersebut nantinya akan dirangkaikan dengan Seminar International tentang Arung Palakka dan kemanakannya Lapatau Matanna Tikka."ujar Bupati, Jumat (16/9/2022).

Lanjut dikatannya pula bahwa persoalan harga diri perlu dilestarikan kecintaan kepada leluhur kita yang tentunya mempunyai nilai sejarah yang berharga pada regenerasi mendatang sepanjang masa.

Jadi apa yang selama ini dikenal kurang  bicara namun banyak bekerja, meyakinkan para pihak kiranya acara festival besar dengan 10 macam rangkaian acara antara lain pengenalan Budaya Bugis dan Seminar Internasional yang akan membahas tentang Arung Palakka dan Lapatau yang dikenal pemersatu antar kerajaan di Sulsel.

Beliau sempat berkelakar acara ini tidak mungkin mengalahkan acara festival I di Bone, demikian pula 01 YASSISOPPENGI yang masuk dua priode dalam pemerintahannya berharap jangan main main dalam kegiatan besar ini yang penuh makna sejarah berharga bagi kita" jelasnya.

Olehnya itu mari kita gas pol meski harus melalui tikungan dan maju terus tanpa harus "tabbe siri" ( buang malu) tegas beliau meyakinkan peserta Panitia. 

Diakhir acara ini terbentuknya ketua Panitia yang diketuai oleh Kadis Kebudayaan Soppeng dengan wakilnya Kadis Kebudayan dari Bone dengan sekretaris dari Diknas Soppeng.

Sumber yang dihimpun SHI menyebutkan bahwa acara ini dapat sukses dan Bupati Soppeng sudah teruji atas suksesnya penyelenggaraan Pertemuan International Ilagaligo.(Tim SHI)

0 Komentar